Kiat Memilih Warna Cat untuk Setiap Ruangan di Rumah Idaman Anda

Saat memutuskan untuk membangun rumah idaman, sang pemilik rumah bisa memainkan imajinasi mereka dengan "liar". Misalnya saja berencana bermain dengan beragam warna untuk diaplikasikan dalam satu ruangan.

image_artikel_4_beritagar.jpg

Saat memutuskan untuk membangun rumah idaman, sang pemilik rumah bisa memainkan imajinasi mereka dengan "liar". Misalnya saja berencana bermain dengan beragam warna untuk diaplikasikan dalam satu ruangan. Sah-sah saja jika pemilik rumah ingin mengaplikasikan warna cat yang berbeda untuk setiap ruangan rumah, namun dianjurkan pemilihan warna tetap disesuaikan dengan karakter dan fungsi dari setiap ruangan. Jika warna netral, seperti putih, abu-abu, dan krem, terasa membosankan dan tak menarik, maka tak ada salahnya Anda mulai mengeksplorasi warna-warna lain. Tentu pemilihan warna juga tak boleh sembarangan, Anda harus mengetahui karakter dari warna cat yang dipilih sehingga tidak salah dalam mengaplikasikannya pada setiap ruangan. Berikut beberapa warna cat yang dapat dijadikan pilihan untuk membuat rumah idaman Anda semakin nyaman dan indah.

Kuning

Warna kuning memiliki karakter ceria dan cerah. Warna ini dipercaya dapat meningkatkan semangat untuk berpikir jernih, sehingga warna ini sangat cocok untuk diaplikasikan di ruang kerja atau ruang belajar anak. Bahkan, warna ini juga cocok untuk diaplikasikan di ruang makan.

 

Merah

Berani dan hangat, itulah kesan yang melambangkan warna merah pada interior rumah. Selain terlihat tegas, penggunaan warna merah pada sebuah ruangan dapat memberikan kesan hangat dan menjadikan suasana lebih hidup. Warna merah sangat cocok diaplikasikan pada ruang tamu dan dapur.

 

Oranye

Jika pemilihan warna merah dirasa terlalu mencolok, Anda bisa memilih oranye sebagai warna alternatif. Selain menampilkan kesan keakraban dan keceriaan, warna oranye juga bisa membangkitkan rasa semangat dan optimisme bagi orang di sekitar. Warna ini cocok diaplikasikan di ruang tamu dan ruang makan.

 

Biru

Warna biru mampu menampilkan kesan sejuk dan damai sehingga sangat cocok untuk diaplikasikan di kamar tidur. Dengan pemilihan warna ini, pemilik rumah akan mendapatkan perasaan tentram di kamar tidur sehingga merasakan kenyamanan lebih saat beristirahat. Selain kamar tidur, warna biru juga bisa diaplikasikan di ruang keluarga.

 

Ungu

Warna ungu memberikan kesan hangat dan elegan bagi sebuah ruangan. Selain cocok untuk diaplikasikan para ruang tamu, pemilihan warna ini juga cocok untuk kamar tidur dan ruang keluarga. Dengan pemilihan perabot yang tepat, ruangan berwarna ungu akan terlihat elegan dan unik.

 

Hijau

Warna hijau sangat identik dengan pepohonan atau dedaunan. Warna ini mampu menonjolkan kesan segar dan harmoni, sehingga warna ini sangat tepat untuk diaplikasikan pada ruang keluarga atau kamar tidur anak-anak.

 

Jika pemilihan warna sudah Anda lakukan, pastikan hasil acian pada dinding sudah sempurna dan bebas dari retak rambut sebelum proses pengecatan dimulai.

 

Dinding yang tidak rata dan memiliki retak rambut akan membuat hasil pengecatan tidak maksimal serta merusak keindahan dari ruangan tersebut. Retak rambut pada dinding juga dapat menyebabkan perembesan air pada dinding yang menyebabkan warna dinding lebih cepat menguning dan terasa lembap.

 

Untuk mendapatkan dinding yang halus dan bebas dari retak rambut dan dapat menghasilkan warna cat maksimal dengan lebih hemat, Anda bisa menggunakan semen khusus acian saat dinding rumah dibuat.

 

Semen khusus tersebut dapat menghasilkan permukaan dinding dengan tingkat pororitas (rongga kecil pada suatu permukaan) rendah, sehingga dinding tidak menyerap bahan cat (tidak perlu dicat berlapis-lapis) dan warna yang dihasilkan lebih cerah. Dengan begitu biaya untuk pengecatan akan lebih hemat.